PELAKSANAAN MODEL KOOPERATIF DALAM
PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA
DI KELAS IX
SMP NEGERI 4 PINRANG
SKRIPSI
Diajukan untuk Memenuhi
Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh
Gelar Sarjana Pendidikan Studi Bahasa
Indonesia
pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu
Pendidikan
Cokroaminoto Pinrang
OLEH
DARLINA
STB : 263180
NIRM : 19603100210180
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN
ILMU
PENDIDIKAN COKROAMINOTO PINRANG
2008
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN COKROAMINOTO
PINRANG
Dengan konsultasi secukupnya dan pemeriksaan yang
cermat, maka kami menyatakan menerima dan menyetujui Skripsi ini untuk diajukan
di depan Panitia Penguji Skripsi Starata Satu (S1) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Cokroaminoto
Pinrang, berdasarkan SK Nomor: 05/22/H.33/2008, tanggal 08 Januari 2008
Pinrang,
Nopember 2008
Pembimbing I, Pembimbing
II,
MUH.
MASDAR, S.Pd, M.Pd Dra.
Hj. NURHAYATI JAFAR, MH.
Mengatahui dan persetujuan diteruskan
Pada Tim Penguji Skripsi
K E T U A
Drs.
H. M. ARIF ALIMUDDIN, M.Si
NIP 130911832
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
COKROAMINOTO PINRANG
Pada hari ini, tanggal tahun 2008 Tim Penguji
Menerima
baik Skripsi yang berjudul :
PELAKSANAAN MODEL KOOPERATIF DALAM
PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA
DI KELAS IX SMP NEGERI 4 PINRANG
Dalam
rangka memenuhi salah satu syarat ujian untuk mencapai derajat Sarjana
Pendidikan pada Jurusan Bahasa Indonesia Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Cokroaminoto Pinrang.
Pinrang, Nopember 2008
TIM PENGUJI
1.
Prof.Dr.H.M.Ide
Said, DM, M.Pd. Pengawas
Umum ………………
2.
Drs. H.M. Arief
Alimuddin, M.Si Ketuan ……………....
3.
Muhammad Masdar,
S.Pd, M.Pd Sekretaris ……………....
4.
Drs. H. Rusman
Dullah, M.Si Anggota ……………....
5.
Dra. Hj.
Nurhayati Jafar, M.H Anggota ……………....
6.
Drs. Syafruddin,
M.Pd Anggota ……………....
KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT, karena berkat
dan rahmat, taufik, dan izin-Nya jualah sehingga skripsi ini dapat
diselelesaikan oleh penulis. Penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk memenuhi
salah satu persyaratan akademik untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan
bahasa Indonesia, pada Sekolah Tinggi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Cokroaminoto Pinrang.
Di
dalam penulisan skripsi ini penulis
sering mendapat hambatan, namun demikian berkat bimbingan dan arahan dari
berbagai pihak, maka skripsi ini dapat diselesaikan.
Berkenang
dengan hal ini penulis menyampaikan terima kasih kepada:
1.
Bapak Drs. H. Mohammad Thamrin, Ketua Yayasan
pendidikan
Cokroaminoto Pinrang.
2.
Bapak Drs. H. M. ARIF ALIMUDDIN, M.Si Ketua STKIP
Cokroaminoto Pinrang yang telah
banyak memberikan motivasi selama dalam menempuh pendidikan hingga penulis
dapat menyelesaikan studi.
3.
Bapak dan Ibu
Dosen pada
Cokroaminoto Pinrang yang telah banyak memberikan bekal ilmu pengetahuan yang
berharga.
4.
Bapak Muhammad. Masdar, S.Pd, M.Pd dan Ibu Dra. Hj.
Nurhayati Jafar, MH. Masing-masing selaku pembimbing I dan Pembimbing II yang
telah banyak meluangkan waktunya untuk membimbing penulis secara intensif sejak
tahap persiapan, tahap penelitian hingga terwujudnya skripsi ini.
5.
Seluruh pegawai
dan staf STKIP Cokroaminoto Pinrang yang telah memberikan bantuan administrasi
pada penulis.
6.
Seluruh keluarga
yang tidak sempat penulis sebutkan datu persatu atas segala bantuan,
pengertian, dan motivasi yang telah diberikan sejak memulaih kuliah sampai pada
penyelesaian studi.
7.
Pada rekan-rekan
mahasiswa yang telah banyak memberikan bantuan baik moril maupun materi serta
kerjasama yang baik selama dalam proses pendidikan.
8.
Bapak Kepala SMP
Negeri 4 Pinrang yang memberikan izin untuk melakukan penelitian.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini
masih jauh dari sempurna, namun demikian penulis berharap semoga skiripsi ini
dapat memberikan manfaat kepada mereka yang memerlukan dan bermanfaat bagi
peningkatan mutu pendidikan pembelajaran bahasa Indonesia.
Pinrang, Nopember 2008
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL……………………………………………………...................... i
HALAMAN
PERSETUJUAN…………………………………………....................... ii
HALAMAN
PENGESAHAN…………………………………………........................ iii
KATA
PENGANTAR…………………………………………………........................ iv
DAFTAR
ISI……………………………………………………………....................... vi
BAB
I PENDAHULUAN………………………………………………......................
A. Latar
Belakang Masalah………………………………………
B. Rumusan
Masalah……………………………………………..........................
C. Tujuan
Penelitian………………………………………………........................
D. Manfaat
Penelitian…………………………………………….........................
BAB
II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA BERPIKIR…….....................
A. Tinjauan
Pustaka………………………………………………........................
1. Pembelajaran
Bahasa Indonesia…………………………….......................
2. Penilaian
Hasil Belajar Siswa……………………………….......................
3. Model
Belajar Kooperatif…………………………………........................
B. Kerangka
Berpikir……………………………………………..........................
BAB
III METODE PENELITIAN…………………………………………................
A. Variable
dan Desain Penelitian………………………………..........................
B. Defenisi
Operasional Variable…………………………………........................
C. Populasi
dan Sample……………………………………………......................
D. Teknik
Pengumpulan Data…………………………………….........................
E. Teknik
Analisi Data……………………………………………........................
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN………………......................
A. Penyajian
Hasil Analisis Data…………………………………........................
B. Pembahasan……………………………………………………........................
BAB
V KESIMPULAN DAN SARAN………………………………........................
A. Kesimpulan…………………………………………………….........................
B. Saran-saran…………………………………………………….........................
DAFTAR
PUSTAKA………………………………………………….........................
LAMPIRAN…………………………………………………………............................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar