Belajarlah bersungguh-sungguh agar kelak kau menjadi orang yang berguna.............

Rabu, 05 September 2012

Contoh Pembukaan Skripsi


PELAKSANAAN MODEL KOOPERATIF DALAM
 PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
 DI KELAS IX SMP NEGERI 4 PINRANG



 

















SKRIPSI


Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh
 Gelar Sarjana Pendidikan Studi Bahasa Indonesia
 pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
 Cokroaminoto Pinrang

OLEH

DARLINA
                                                            STB                : 263180
                                                            NIRM             : 19603100210180


SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN COKROAMINOTO PINRANG
2008









 


SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN COKROAMINOTO PINRANG

            Dengan konsultasi secukupnya dan pemeriksaan yang cermat, maka kami menyatakan menerima dan menyetujui Skripsi ini untuk diajukan di depan Panitia Penguji Skripsi Starata Satu (S1) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Cokroaminoto Pinrang, berdasarkan SK Nomor: 05/22/H.33/2008, tanggal 08 Januari 2008


                                                                                                      Pinrang, Nopember 2008

               Pembimbing I,                                                             Pembimbing II,





        MUH. MASDAR, S.Pd, M.Pd                         Dra. Hj. NURHAYATI JAFAR, MH.


Mengatahui dan persetujuan diteruskan
Pada Tim Penguji Skripsi
K E T U A



Drs. H. M. ARIF ALIMUDDIN, M.Si
NIP 130911832










SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN COKROAMINOTO PINRANG

        Pada hari ini,                                tanggal                           tahun 2008 Tim  Penguji
Menerima baik Skripsi yang berjudul :

PELAKSANAAN MODEL KOOPERATIF DALAM
 PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
 DI KELAS IX SMP NEGERI 4 PINRANG

            Dalam rangka memenuhi salah satu syarat ujian untuk mencapai derajat Sarjana Pendidikan pada Jurusan Bahasa Indonesia Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Cokroaminoto Pinrang.

                                                                                                   Pinrang,        Nopember 2008

TIM PENGUJI

1.      Prof.Dr.H.M.Ide Said, DM, M.Pd.               Pengawas Umum ………………
2.      Drs. H.M. Arief Alimuddin, M.Si                 Ketuan                 ……………....
3.      Muhammad Masdar, S.Pd, M.Pd                  Sekretaris             ……………....
4.      Drs. H. Rusman Dullah, M.Si                       Anggota               ……………....
5.      Dra. Hj. Nurhayati Jafar, M.H                      Anggota               ……………....
6.      Drs. Syafruddin, M.Pd                                  Anggota               ……………....








KATA PENGANTAR
               Puji syukur atas kehadirat Allah SWT, karena berkat dan rahmat, taufik, dan izin-Nya jualah sehingga skripsi ini dapat diselelesaikan oleh penulis. Penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu persyaratan akademik untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan bahasa Indonesia, pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Cokroaminoto Pinrang.
               Di dalam penulisan skripsi ini penulis sering mendapat hambatan, namun demikian berkat bimbingan dan arahan dari berbagai pihak, maka skripsi ini dapat diselesaikan.
               Berkenang dengan hal ini penulis menyampaikan terima kasih kepada:
1.      Bapak     Drs.    H.     Mohammad      Thamrin,     Ketua    Yayasan    pendidikan
Cokroaminoto Pinrang.
2.      Bapak     Drs. H.   M.     ARIF ALIMUDDIN, M.Si Ketua     STKIP Cokroaminoto Pinrang yang telah banyak memberikan motivasi selama dalam menempuh pendidikan hingga penulis dapat menyelesaikan studi.
3.      Bapak     dan Ibu Dosen     pada Cokroaminoto Pinrang yang telah banyak memberikan bekal ilmu pengetahuan yang berharga.
4.      Bapak Muhammad. Masdar, S.Pd, M.Pd dan Ibu Dra. Hj. Nurhayati Jafar, MH. Masing-masing selaku pembimbing I dan Pembimbing II yang telah banyak meluangkan waktunya untuk membimbing penulis secara intensif sejak tahap persiapan, tahap penelitian hingga terwujudnya skripsi ini.
5.      Seluruh pegawai dan staf STKIP Cokroaminoto Pinrang yang telah memberikan bantuan administrasi pada penulis.
6.      Seluruh keluarga yang tidak sempat penulis sebutkan datu persatu atas segala bantuan, pengertian, dan motivasi yang telah diberikan sejak memulaih kuliah sampai pada penyelesaian studi.
7.      Pada rekan-rekan mahasiswa yang telah banyak memberikan bantuan baik moril maupun materi serta kerjasama yang baik selama dalam proses pendidikan.
8.      Bapak Kepala SMP Negeri 4 Pinrang yang memberikan izin untuk melakukan penelitian.

        Penulis  menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini masih jauh dari sempurna, namun demikian penulis berharap semoga skiripsi ini dapat memberikan manfaat kepada mereka yang memerlukan dan bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan pembelajaran bahasa Indonesia.


                                                                                    Pinrang,            Nopember 2008


                                                                                                   Penulis
              









DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL……………………………………………………...................... i
HALAMAN PERSETUJUAN…………………………………………....................... ii
HALAMAN PENGESAHAN…………………………………………........................ iii  
KATA PENGANTAR…………………………………………………........................ iv
DAFTAR ISI……………………………………………………………....................... vi  
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………......................
A.    Latar Belakang Masalah………………………………………                               
B.     Rumusan Masalah……………………………………………..........................
C.     Tujuan Penelitian………………………………………………........................
D.    Manfaat Penelitian…………………………………………….........................      

BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA BERPIKIR…….....................
A.    Tinjauan Pustaka………………………………………………........................
1.      Pembelajaran Bahasa Indonesia…………………………….......................
2.      Penilaian Hasil Belajar Siswa……………………………….......................
3.      Model Belajar Kooperatif…………………………………........................
B.     Kerangka Berpikir……………………………………………..........................

BAB III METODE PENELITIAN…………………………………………................
A.    Variable dan Desain Penelitian………………………………..........................
B.     Defenisi Operasional Variable…………………………………........................
C.     Populasi dan Sample……………………………………………......................
D.    Teknik Pengumpulan Data…………………………………….........................
E.     Teknik Analisi Data……………………………………………........................

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN………………......................
A.    Penyajian Hasil Analisis Data…………………………………........................
B.     Pembahasan……………………………………………………........................

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN………………………………........................
A.    Kesimpulan…………………………………………………….........................
B.     Saran-saran…………………………………………………….........................

DAFTAR PUSTAKA………………………………………………….........................
LAMPIRAN…………………………………………………………............................      
                                                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar